K

Thursday, July 5, 2012

tangkal pemain bola sepak paling unik di dunia

- Banyak cara dilakukan oleh
pesepakbola profesional dalam menjaga
mental bertandingnya di lapangan. Mulai dari
membawa benda-benda berbau mistik
hingga dandanan nyentrik yang dianggap
mampu menjaga kepercayaan diri selama
pertandingan.
Wawan Widiantoro salah satunya. Pemain
veteran yang kini membela PSMS Medan itu
dikenal memiliki kelincahan dalam menyisir
pertahanan lawan dari segala lini. Sikap
ngotot dan pantang menyerah Wawan juga
kerap menyulitkan lawan melakukan
manuver di daerah pertahanan.
Namun tak hanya skill yang membuat Wawan
mudah dikenali. Dandanan dan kebiasaannya
uniknya juga membuat sosoknya sulit untuk
dilupakan. Di setiap laga, Wawan punya dua
ciri khas: lengan baju yang digulung hingga
ke bahu dan juga ikat kepala.
Wawan menuturkan bahwa kedua
kebiasaannya tersebut punya arti penting
dalam menjaga kepercayaan dirinya di
lapangan. "Itu kulakukan untuk
membangkitkan daya juangku, bukan
mengikuti gaya Bang Marwal atau Hyuga di
film Tsubasa," kata Wawan menjelaskan
kebiasaannya menggulung lengan baju di
setiap pertandingan.
Marwal Iskandar merupakan mantan pemain
yang juga sempat malang-melintang di sepak
bola nasional. Gelandang bertubuh mungil itu
juga memiliki kebiasaan menggulung lengan
baju di setiap laga.
Menurut Wawan, kebiasaannya menggulung
lengan berawal saat dirinya masih membela
Arema Malang. Saat bertemu PSM Makassar
beberapa waktu lalu, Arema sempat
tertinggal di babak pertama. Di babak kedua,
Singo Edan dituntut untuk bisa membalikkan
keadaan.
"Di babak kedua kami diwajibkan harus
memenangkan pertandingan kandang ini.
Semua pemain diberikan asupan semangat
harus menang.
Saat memasuki lapangan saya mengggulung
lengan baju. Hanya untuk membuktikan
bahwa saya dan kawan-kawan harus
menang," kata Wawan.
"Sepanjang pertandingan lengan baju saya
tergulung. Ternyata semanggat kami
membuahkan hasil, kami berhasil
membalikkan keadaan menjadi 3-2," beber
mantan pemain Persik Kediri itu.
Mengenai ikat kepala yang kerap
dikenakannya, Wawan justru punya kisah
yang lebih unik. Menurutnya, tali yang
digunakan tak lain adalah tali bra (BH) milik
istrinya. Meski terkesan aneh, namun Wawan
mengaku kebiasaan itu merupakan bukti
cintanya kepada sang istri. Dia telah
mengenakan tali tersebut sejak keduanya
menikah.
"Ikat kepala saya ini tali bra istri saya. Ini
memang sengaja saya lakukan untuk
mengobati tanda rasa rindu saya kepada
keluarga di Kediri. Tidak ada hal mistik di sini.
Memang saya menggenakannya sejak
pernikahan dulu," ujar Ayah dua anak itu.
"Itulah sebabnya sampai sekarang saya
mempercayai itu adalah salah satu bentuk
kekuatan saya," sambung Wawan.
Biodata
Nama : Wawan Widiantoro
Lahir : Kediri/20-01-1977
Tinggi : 163 cm
Posisi : Gelandang
No Punggung : 32
Karir
1996-1998 : Arema Malang
1998-2000 : Persik Kediri
2001-2002 : Arema Malang
2003-2004 : Persik Kediri
2005 : Skorsing
2006 : PKT Bontang
2007-2011: Persik Kediri
2011- sekarang: PSMS Medan

No comments: