K

Thursday, February 17, 2011

PRESIDEN UNIK

Presiden Uganda Oweri Museveni
mengatakan ia mungkin akan
meluncurkan satu album setelah
penampilan rap yang ia lakukan
menjadi hit besar di berbagai
stasiun radio dan klub malam di
Uganda.
"Aku sangat senang dengan reaksi
kaum muda sebab itu berarti
mereka sangat haus akan musik
nenek-moyang mereka," kata
presiden yang berusia 67 tahun itu
pada suatu taklimat sebelum
pemilihan umum Jumat (18/2).
"Jadi setelah pemilihan umum,
kalian mungkin menghadapi satu
album besar klasik," katanya.
Pemimpin tersebut, yang dijuluki
"M7", menampilkan dua lagu rakyat
buat anak-anak dari tempat
kelahirannya di Uganda Barat pada
beberapa pertemuan terbuka
menjelang pemilihan umum
selama beberapa bulan
belakangan. Lagu rakyat itu adalah
"Naatema akati" (Aku memotong
tongkat kayu) dan
"Mp`enkoni" (beri aku tongkat
kayu).
Beberapa produser rekaman
kemudian mencampur penampilan
tersebut dengan irama hip-hop
dan audio mengenai Museveni
sedang berbicara kepada khalayak
tentang genre musik yang ia
katakan adalah baru buat dia.
"Hari ini generasi muda
mengajarkan aku tentang "rap" ini.
Aku tak mengikuti apa yang
mereka katakan. Yaah, aku bahkan
dapat memberi kalian musik rapku
sendiri," kata Museveni, sebelum
menampilkan lirik berirama
dengan suaranya yang parau.
Lagu itu berjudul "You want
another rap?", yang diambil dari
pertanyaan yang diteriakkan
Museveni kepada generasi muda
yang hadir. Rekaman musik rap
presiden Uganda tersebut
kelihatannya laku keras di Kampala.
"Puisi ini yang aku persembahkan
kepada generasi muda adalah
puisi klasik yang dikumandangkan
sebelum kolonialisme," kata
Museveni kepada wartawan. "Ada
banyak puisi dan lagu lain yang
akan aku persembahkan buat
mereka."
Para pejabat partai yang berkuasa
senang dengan terkenalnya lagu
itu sebelum pemungutan suara.
Tapi mereka mengeluarkan
peringatan kepada sebagian surat
kabat setelah mereka menerbitkan
gambar Museveni yang sudah
dikutak-katik, tanpa busana
dengan tubuh berotot dan
dipenuhi tato

No comments: